Satria Nusantara 1 (MEDALI PRAMBANAN lanjutan)

17 09 2012

Tengah asyik menyusuri candi, tiba-tiba Mocca merasakan ada hembusan angin dingin menerpa tengkuknya. Dia merasa seperti ada yang melintas di belakangnya.  Ditengoknya ke belakang, tak tampak satu pun orang.  Masih tidak yakin, diputar pandangannya melihat penjuru ruangan.  Pandangannya hanya menangkap dinding-dinding batu candi, kosong dan tidak ada siapapun selain dia.  Dalam hatinya dia berpikir apakah tadi angin berhembus masuk candi.  Untuk meyakinkan dirinya sendiri, dia menuju ke pintu dan melihat keluar. Tidak dilihatnya satupun dahan pohon yang ada di luar bergerak. Mocca menjadi terdiam.  Gerangan apa yang baru saja menyentuh tengkuknya? Mocca masih bengong dan tiba-tiba dia tersentak ketika hapenya berbunyi.

“Apa bong?” tanya Mocca pada Ibong yang suaranya terdengar diujung hape.

“Dimana lo?”

“Gw di Candi Siwa.”

“Di mana tuh?”

“Candi di tengah yang paling tinggi yang paling gedhe bong”

“Ok, tunggu gw kesana yak!”

“Ok”

Mocca mengantongi hapenya setelah Ibong memutuskan telpon.  Dilanjutkan penjelajahannya di dalam candi Siwa.  Dia serius mengamati arca durga mahisasuramardini.  Ditatapinya delapan tangan yang ada pada arca itu.  Teringat doktor oktopus musuh spiderman.  Dengan delapan tangannya hampir saja menguasai dunia.  Mungkin hal serupa yang membuat durga mampu mengalahkan raksasa lembu yang ingin menghancurkan swargaloka.

Cukup bagi Mocca mengamati arca itu.  Pikirannya langsung terarah menuju candi di sebelah utara.  Dibalikan badannya menuju arah luar.  Sekejab mata, tiba-tiba saat balik arah dia berpapasan dengan sesuatu yang berdiri tepat di mukanya. Jantungnya langsung berdetak kencang.

“Astagfirullah.”

Spontan Mocca bersuara keras. Dia masih merasakan betapa jantungnya berdetak sangat keras. Secepat kilat pula segera dipandangi yang bertubrukan dengannya tadi.  Detak jantungnya berangsur-angsur pelan setelah Mocca tahu apa yang ditabraknya.

“Busyet, gw kira apaan tadi.” Ucap Mocca

“Sorry, gw juga kaget banget neh.” balas Ibong

“Mau copot rasanya jantung neh.” Kata Mocca

“Hehehe…sorry yak, gak sengaja.” Balas Ibong dengan serius minta maaf karena membuat Mocca jantungan.

“Iya, gapapa.” sahut Mocca

“Cepet banget kaburnya.  Gw parkir bentar aja dah ilang tau kemana. Ckckck….” ungkap Ibong sambil geleng kepala heran dengan Mocca

“Gw takjub banget ma ni Candi Bong.” sahut Mocca serius.

“Ini pertama kali gw dateng ke sini Bong. Makanya pas lihat keindahan arsitekturnya gw pengen cepet-cepet lihat ini candi secara langsung.” lanjut Mocca menerangkan pada Ibong.

“Pertama kali? Yakin lo?” tanya Ibong penasaran

“Maksud lo?” tanya balik Moca jadi penasaran dengan pertanyaan Ibong tadi.

“Jujur gw jadi bingung.  Barusan lo bilang baru pertama kali ke sini.  Tapi tadi waktu gw telepon posisi di mana, lo langsung jawab dengan tegas seolah-olah lo tahu banget candi prambanan.  Namanya dan lokasinya dengan jelas lo sebutin tadi.” terang Ibong.

“Masa seh?” balas Mocca yang jadi bingung.

“Iya, makanya tadi gw bisa nemuin lo.” Terang Ibong meyakinkan.

“Gw juga gak tahu kenapa bisa tahu nama dan lokasi candi ini Bong.” sahut Moca dengan wajah yang masih bingung dan penasaran.

“Kali gw pernah browsing di wikipedia Bong dan baca artikel tentang prambanan yak?” urai Moca meyakinkan rasa penasaran mereka berdua.  Padahal Mocca belum pernah buka artikel prambanan di wikipedia.

“Buruan yuk, entar lagi lihat-lihat candinya.  Kru sudah nungguin tuh.” Ibong mengajak Mocca ke lokasi syuting.

“oiya ya, gw hampir lupa. Tempatnya dimana?” Kata Mocca

“Kata Ichal lurus aja dari gerbang utama.  Brati di sebelah barat sana.” Jawab Ibong sambil mengarahkan telunjuknya ke arah di belakang Candi Siwa.

Keduanya berlari-lari kecil meninggalkan candi Siwa menuju lokasi syuting yang berada di pelataran sebelah barat.  Lokasinya dekat dengan panggung pementasan sendratari ramayana yang berlangsung setiap bulan purnama.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: